Mohon untuk tidak mengupload file materi perkuliahan yang berbentuk pdf, ppt, doc, xls ke Blog Staff UMY -- Silahkan upload file-file tersebut ke E-Learning MANFAAT BUAH KURMA – Maria Ulfa Blog

MANFAAT BUAH KURMA

 

Kurma, identik dengan bulan Ramadhan sebagai santapan favorit ketika berbuka puasa maupun di kala sahur. Kurma terdiri dari berbagai macam jenis, dan dapat disajikan dalam bentuk buah, infuse water, rebusan, sirup maupun pasta.

Salman ibnu Amir Al Dhabbi meriwayatkan bahwa Nabi SAW bersabda, “Apabila seseorang dari kalian berbuka, maka hendaklah dia berbuka dengan kurma. Sungguh kurma itu adalah berkah. Dan apabila dia tidak mendapatkan kurma, maka hendaklah dia berbuka dengan air. Sesungguhnya air itu suci.” (HR. Abu Daud dan Tirmidzi).

Memakan kurma pada permulaan ifthar memiliki manfaat bagi kesehatan, antara lain: Orang yang berpuasa akan kehilangan beberapa jenis zat gula yang menyuplainya dengan energi dan beberapa unsur nutrisi lain, buah kurma dapat diserap dan dicerna dalam satu jam sejak mengkonsumsinya, sehingga dapat dengan cepat menyuplai tubuh dengan energi, karena kurma kaya akan kandungan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Berbuka puasa dengan buah kurma membantu menghindari makan berlebihan. Ketika tubuh mulai menyerap nutrisi yang terkandung di dalam kurma, rasa lapar menjadi hilang. Sistem saraf dapat terbantu dengan mengkonsumsi kurma, karena kandungan potassium yang tinggi. Selain itu kandungan vitamin dan mineral yang terdapat dalam kurma membantu perut dalam proses pencernaan, pembersihan dan sterilisasi. Oleh karena itu, puasa bermanfaat bagi penderita diabetes. Ini adalah nikmat dari Allah untuk membersihkan tubuh dan mensterilkannya.

Pohon kurma disebut dalam Al Qur’an sebanyak dua puluh kali. Terdapat pada: QS. AL AN`AM : 99, AL AN`AM : 141, AL KAHFI : 32, THAHA : 71, ASY SYU`ARA : 148, QAMAR : 20, AR RAHMAN : 11, AR RAHMAN : 68, AL HAQQAH : 7, ABASA : 27-29, MARYAM : 23, MARYAM : 25, AL BAQARAH : 266, QS. AR RA`D : 4, AN NAHL : 11, AN NAHL : 67, AL ISRA` : 91, AL MU`MINUN : 19, YASIN : 34, dan QS. IBRAHIM : 24. Lima belas ayat menyebutnya bersama dengan tumbuhan lainnya, sebagai karunia Allah bagi umat manusia.

Kurma merupakan salah satu buah yang istimewa karena selain sebagai makanan, kurma juga dapat menjadi obat, dan Sunnah Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, sangat dianjurkan untuk makan lebih dari satu kurma dengan jumlah ganjil. Hal ini berdasarkan lafazh hadits di atas yang dilafazhkan ‘tamarat’ (kurma dalam bentuk jamak, bukan satu atau dua tapi lebih dari dua). Maka satu kurma belum cukup untuk menyempurnakan ittiba’ kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Oleh karena itu dianjurkan untuk makan kurma sebanyak tiga, lima, tujuh, sembilan ataupun sebelas, yang penting adalah berjumlah ganjil dan lebih dari dua.

Tabel berikut ini merupakan kandungan nutrisi yang terdapat pada buah kurma (per 100 g). (RDA : Recommended Dietary Allowance, Source : USD National Nutrient database).

Principle Nutrient Value Percentage of RDA
Energy 227 Kcal 14%
Carbohydrates 74.97 g 58%
Protein 1.81 g 3%
Total Fat 0.15 g < 1%
Cholesterol 0 mg 0%
Dietary Fiber 6.7 g 18%
Vitamins
Folates 15 mg 4%
Niacin 1.610 mg 10%
Pantothenic acid 0.85 mg 16%
Pyridoxine 0.249 mg 19%
Riboflavin 0.060 mg 4.5%
Thiamin 0.050 mg 4%
Vitamin A 149 IU 5%
Vitamin C 0 mg 0%
Vitamin K 2.7 mg 2%
Electrolytes
Sodium 1 mg 0%
Potassium 696 mg 2%
Minerals
Calcium 1 mg 0%
Copper 0.362 mg 40%
Iron 0.90 mg 11%
Magnesium 54 mg 13%
Manganese 0.296 mg 13%
Phosphorus 62 mg 9%
Zinc 0.44 mg 4%
Phytonutrients
Carotene-b 89 mg
Cryptoxantin-b 0 mg
Luteinzeaxanthin 23 mg

 

Karena keistimewaanya ini, banyak sekali peneliti yang melakukan penelitian terhadap kandungan dan manfaat dari buah kurma. Berikut beberapa rangkuman dari manfaat buah kurma.

1.Meningkatkan Energi

Kandungan gula alami yang tinggi yang dimiliki oleh kurma (glukosa, fruktosa, dan sukrosa) sehingga aman sebagai cemilan yang baik bagi tubuh yang sangat memerlukan tambahan energi dengan cepat.

Setiap biji kurma yang dikonsumsi bermanfaat untuk menurunkan berat badan (jika mengalami obesitas). Mengenai hal ini, teringat sabda Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam: “Tidak akan kelaparan rumah tangga seseorang yang memiliki kurma di dalamnya”. (HR. Muslim)

2. Kesehatan Jantung

Dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kandungan kalium dan potassium yang terdapat pada kurma dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan serangan stroke. Kalium berfungsi membantu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah. Sedangkan Potassium dapat mengurangi kadar kolesterol LDL (Low Densisty Lipoprotein) yang dikenal sebagai kolesterol jahat di dalam tubuhMembantu menguraikan lemak

3. Mengatasi Anemia

Kandungan tinggi mineral di dalam kurma memiliki manfaat yang penting. Seperti zat besi yang asupannya sangat ditubuhkan oleh penderita anemia. Kandungan zat besi (yang merupakan mineral) di dalam buah kurma sangat banyak. Kandungan tinggi akan zat besi ini mampu mengatasi masalah kekurangan zat besi pada penderita anemia.

4. Menjaga kesehatan tulang

Kandungan Mineral (selenium, mangan, tembaga, dan magnesium) yang tinggi pada buah kurma berperan penting dalam proses pertumbuhan dan kekuatan tlang, sangat penting untuk memperkuat tulang dan melawan penyakit osteoporosis.

5. Membantu menguraikan Lemak

Pada kurma terkandung zat kalium dan sulfur yang memiliki manfaat untuk membantu menjaga kesehatan jantung, serta bermanfaat untuk memecahkan lemak yang ada di dalam tubuh. Kolesterol dan lemak menjadi momok dan penyebab utama dari terjadinya kegemukan pada seseorang. Pada kurma terkandung nutrisi yang sehat saja, sangat bermanfaat untuk menyehatkan dan memperlancar proses pencernaan. Sehingga kurma sangat bersahabat untuk dikonsumsi bagi Kamu yang ingin menurunkan berat badan. Rajin mengkonsumsi kurma, terutama pada pagi hari dapat meningkatkan kualitas metabolisme tubuh, serta membantu kita agar dapat cepat untuk menurunkan berat badan secara alami dan aman.

6. Sistem Pencernaan

  1. Kurma memiliki kandungan zat yang bermanfaat untuk menghambat tumbuhnya mikroorganisme patologis dan membantu menstimulasi bakteri yang baik untuk tubuh, hal ini sangat baik untuk kesehatan organ usus. Kurma mampu menurunkan resiko kanker usus besar. Kurma yang kaya serat membantu selaput lendir usus dan mengikat bahan kimia, sehingga mencegah timbulnya penyakit kanker usus besar. Tekstur sari kurma yang halus, maka aman dionsumsi bagi lambung yang sensitif dan bagi penderita radang usus.
  2. Dengan kandungan serat yang tinggi dan kandungan asam amino, kurma bermanfaat untuk membantu proses pencernaan makanan, yang artinya mampu meringankan kerja sistem pencernaan, alhasil masalah gangguan pencernaan seperti sembelit, dll dapat dicegah kemunculannya.
  3. Kaya akan serat

Selain mengandung vitamin, pada kurma terkandung banyak serat, sangat bermanfaat untuk memberikan rasa kenyang yang lebih lama, yang sangat baik untuk menekan nafsu makan kita, untuk menghindari berlebihan dalam makan.

Dari penelitian yang dilakukan para ahli kesehatan, makan beberapa biji buah kurma secara rutin (setiap hari) membantu tubuh dan otak dalam mengatur sekresi hormon, yang akhirnya mengirimkan sinyal ke otak agar tubuh merasa selalu kenyang.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*