Mohon untuk tidak mengupload file materi perkuliahan yang berbentuk pdf, ppt, doc, xls ke Blog Staff UMY -- Silahkan upload file-file tersebut ke E-Learning BEETS – Maria Ulfa Blog

BEETS

Buah Bit, atau ubi bit merah (beets/beetroots) termasuk ke dalam golongan family Chenopodiaceous, kelas Beta vulgaris dan subspecies group vulgaris Conditiva. Buah bit ini warnanya merah keunguan, yang kaya akan manfaat bagi kesehatan, dan juga digunakan sebagai pewarna makanan dan pengobatan.

Buah bit ini dapat dimakan secara langsung, namun banyak orang yang tidak suka akan rasa buah bit yang “aneh”. Buah bit biasanya disajikan sebagai campuran salad dengan sayuran lain, dapat juga direbus, dipanggang atau dijadikan jus. Di Eropa Timur, buah bit disajikan sebagai sup, atau bahkan digunakan untuk membuat anggur/wine.

Buah bit kaya akan nutrisi karena mengandung vitamin, mineral, senyawa organik seperti carotenoids, lutein/zeaxanthin, glycine, betaine, kaya akan serat, vitamin C, magnesium, zat besi, tembaga, dan fosfor. Buah bit juga merupakan sumber flavonoid yang menguntungkan yang disebut anthocyanin, yang sangat rendah kalori, tanpa kolesterol, tapi kandungan gula paling tinggi dari semua sayuran.

 

 

Manfaat buah bit:

  1. Meningkatkan kesehatan jantung
    • serat bit dapat membantu mengurangi kolesterol dan trigliserida dengan meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik).
    • konsumsi buah bit dapat mencegah penyakit jantung (cardiovascular disease) dengan berbagai cara, sehingga kondisis seperti aterosklerosis, serangan jantung (heart attacks) dan stroke cenderung tidak berkembang.
    • serat dalam buah bit juga bekerja untuk membuang kelebihan kolesterol LDL dari dinding pembuluh darah dan membantu menghilangkannya dari tubuh dengan cepat.
  2. Mengurangi Birth Defects
    • buah ¬†bit sangat baik untuk dikonsumsi wanita hamil, karena buah bit banyak mengandung ¬†folat yang membantu dalam perkembangan otak dan membuat bayi lebih pintar.
    • kandungan fosfor pada buah bit, pertumbuhan tulang, dan gigi akan lebih optimal.
  3. Mencegah Kanker
    • Buah bit dapat mencegah terjadinya kanker kulit, kanker paru-paru (karena mengandung beta karoten) dan usus besar karena mengandung pigmen betacyanins yang dapat melawan pertumbuhan sel kanker.
    • kandungan antioksidan yang tinggi pada buah bit dapat menghancurkan sel tumor dan kanker dalam tubuh.
  4. Memperbaiki Kesehatan Hati
    • betaines yang dimiliki oleh buah bit dapat merangsang fungsi hati dan membuatnya tetap sehat.
  5. Meningkatkan Imunitas Tubuh
    • Buah bit adalah sumber vitamin C dan antioksidan sehingga dapat melawan efek radikal bebas di dalam tubuh, merangsang aktivitas sel darah putih yang merupakan jalur pertahanan tubuh melawan benda asing, serta virus, bakteri, jamur dan racun protozoa yang bisa mengakibatkan berbagai infeksi dan penyakit.
    • buah bit dapat juga mendetoks racun dari tubuh
  6. Menjaga Kesehatan Mata
    • kandungan betakaroten yang merupakan bentuk vitamin A pada buah bit dapat membantu mencegah kebutaan terkait usia (katarak) serta mengurangi degenerasi makula yang biasa terjadi seiring dengan bertambahnya usia.
  7. Mencegah dan Mengobati Anemia
    • buat bit mengandung zat besi yang berkhasiat dalam mengatasi penyalit anemia. Zat besi membantu pembentukan sel darah merah dan membantu darah mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh.
  8. Boost Energy
    • kandungan karbohidrat pada buah bit akan memberikan energi yang cukup bagi tubuh untuk beraktivitas.
    • Dengan mengkonsumsi buah bit secara rutin maka stamina tubuh akan tetap terjaga.
  9. Memperlancar Proses Pencernaan
    • buah bit kaya akan serat yang dapat memperlancar proses pencernaan dan menjaga kesehatan organ pencernaan, karena sisa makanan dan racun dalam usus besar akan terbuang bersama serat dalam bentuk feses.
  10. Pewarna Makanan Alami
    • kandungan betaninnya yang menghasilkan warna merah cemerlang dipakai untuk pewarna alami makanan, seperti ice cream, jeli, dll.

Semoga bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*