Mohon untuk tidak mengupload file materi perkuliahan yang berbentuk pdf, ppt, doc, xls ke Blog Staff UMY -- Silahkan upload file-file tersebut ke E-Learning IMPLEMENTASI SEDERHANA “RS HIJAU DAN SEHAT” – Maria Ulfa Blog

IMPLEMENTASI SEDERHANA “RS HIJAU DAN SEHAT”

Salah satu pemandangan hijau di sudut kebun halaman belakang RSUD Haji Makassar.

 

Menciptakan RS Hijau dan Sehat

Salah satu implementasi sederhana mewujudkan RS Hijau dan Sehat adalah menciptakan kebun dan taman yang dapat digunakan untuk kebutuhan produksi pangan di instalasi gizi di RS tersebut. Salah satunya yaang dapat kita contoh adalah RSUD Haji Makassar.

Direktur RSUD Haji Makassar bersama penggiat Makassar Berkebun sedang melakukan tanam bersama

 

RSUD Haji Makassar ini terletak di jalan Daeng Ngeppe No.14, Makassar. Sejak Agustus 2016, RSUD Haji Makassar bekerjasama dengan komunitas Makassar Berkebun untuk menciptakan lahan terbuka hijau di halaman belakang RS tersebut. Makassar Berkebun ini adalah bagian dari jejaring komunitas Indonesia Berkebun yang ada di Makassar, dimana komunitas ini mengajak serta masyarakat urban untuk bertanam di lahan tidak terpakai. Komunitas Makassar Berkebun ini sudah berjalan kurang lebih 6 (enam) tahun.

Salah satu kegiatan edukasi berkebun di kebun RS

 

Saat ini di kebun RSUD Haji Makassar tersebut terdapat berbagai jenis sayuran bebas pestisida kimia yang ditanam, antara lain, kangkung, bayam, mint, kale dan cabai. Kebun di RSUD Haji Makassar ini tidak hanya digunakan oleh pengguna internal RS saja, namun setiap hari Minggu selalu ada kegiatan di kebun ini bersama komunitas Makassar Berkebun yang mengajak keluarga pasien, dan pengunjung serta masyarakat sekitar untuk bersama-sama berinteraksi dengan alam maupun sosial di kebun tersebut, dengan prinsip 3E yaitu Edukasi, Ekologi dan Ekonomi. Kegiatan tersebut berupa, edukasi berkebun mulai dari persiapan lahan, pembibitan dan penyemaian, perawatan kebun, pengolahan sampah organik menjadi pupuk, cara memanen yang baik, hingga pengolahan hasil kebun, dan bagaimana pengolahan hasil kebun untuk dikonsumsi terutama untuk pasien untuk mempercepat proses penyembuhan. Hasil kebun ini tidak saja digunakan oleh pengguna internal RS,  melainkan dapat juga digunakan oleh keluarga pasien dan pengunjung.

Kegiatan bersama di kebun bersama pengunjung maupun masyarakat sekitar

 

 

Kegiatan panen bersama di kebun

 

 

 

Bagaimana, menarik bukan untuk ditiru?

Semoga bermanfaat.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*