Mohon untuk tidak mengupload file materi perkuliahan yang berbentuk pdf, ppt, doc, xls ke Blog Staff UMY -- Silahkan upload file-file tersebut ke E-Learning CABE-CABEAN – Maria Ulfa Blog

CABE-CABEAN

Di era jaman now jika mendengar kata “cabe-cabean” pasti langsung berpikir ke arah ABG jaman now. Eits, tunggu dulu.. tulisan saya kali ini bukan tentang “cabe-cabean” jaman now.

Kali ini, saya mau berbagi tentang jenis (varietas) dan level pedas dari CABE. Bagi penggemar CABE, ga ada salahnya kan untuk mengetahui jenis dan level pedas dari sebuah cabe. Mungkin suatu saat tiba-tiba ada teman kamu yang menanyakan tentang cabe. Karena saya pernah ditanyain soal CABE oleh teman saya yang bukan penggemar cabe karena dia berasal dari negara yang level cabenya NOL, atau mereka sama sekali ga bisa makan cabe atau makanan pedas. Untungnya saya bisa bercerita tentang CABE karena hobi saya berkebun, dan bergabung bersama komunitas Indonesia Berkebun sehingga mendapatkan pengetahuan tentang jenis dan level pedasnya dari sebuah cabe.

Di Indonesia sendiri saja jenis cabe itu sudah lumayan banyak. Sebut saja ada cabe merah (besar dan keriting), cabe hijau (besar dan keriting), cabe rawit, cabe domba (cabe putih), cabe jemprit (cabe kecil), cabe gendot (habanero), dan paprika.

Berikut ini nama-nama indah dari varietas cabe: Rocoto, Numex Twilight (Boluvia Rainbow), Jalapeno (Capsicum Annuum), Bell Pepper (paprika), Phimentho (cabe cheri), Serrano Pepper, Anaheim Pepper, Cayenne (Guinea Pepper), Red Savina Pepper, Bisohop Crown Pepper, Chilli Tepin, Datil Pepper, Peter Pepper, dan Thai Pepper.

Dan berikut ini beberapa penampakan CABE.

  1. ROCOTO 
  2. RED SAVINA PEPPER
  3. DATIL PEPPER
  4. DUTCH RED
  5. NEW MEXIAN/ANAHEIM
  6. WAX
  7. JALAPENO
  8. SOUTH AMERICAN YELLOW
  9. CAYENNE PEPPERS
  10. HABANERO (SCOTCH BONNET)

 

 

Nah, ini level pedasnya CABE:

 

 

Nah, buat kamu penggemar tanaman cabe pasti sering menjumpai beberapa permasalahan yang sering muncul dalam tumbuh kembang tanaman cabe. Ini analisanya:

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*