Mohon untuk tidak mengupload file materi perkuliahan yang berbentuk pdf, ppt, doc, xls ke Blog Staff UMY -- Silahkan upload file-file tersebut ke E-Learning Tahukah Anda, Resistensi Antibiotik dapat disebabkan oleh apa yang kita makan? – Maria Ulfa Blog

Tahukah Anda, Resistensi Antibiotik dapat disebabkan oleh apa yang kita makan?

Resistensi antibiotik adalah kemampuan bakteri untuk menahan efek antibiotik, yaitu bakteri tidak terbunuh dan pertumbuhan mereka tidak berhenti. Bakteri yang resisten bertahan terhadap paparan antibiotik dan terus berkembang biak di dalam tubuh, sehingga berpotensi menyebabkan lebih banyak bahaya dan dapat menyebar ke hewan atau ke orang lain.

Semua binatang memiliki dan membawa bakteri di usus mereka. Pemberian antibiotik pada hewan ternak yang berlebihan (tidak sesuai indikasi) akan membunuh banyak bakteri, akan tetapi bakteri yang resisten dapat bertahan dan berkembang biak.

Ketika hewan ternak disembelih dan diproses, bakteri yang resisten ini dapat mencemari daging atau produk hewani lainnya. Bakteri ini juga bisa masuk ke lingkungan ketika hewan buang air dan dapat menyebar untuk menghasilkan yang diirigasi dengan air yang terkontaminasi.

Ada beberapa rute langsung dimana orang bisa mendapatkan bakteri resisten antibiotik yang berkembang dalam produksi makanan hewani industri:

  1. Mengolah daging yang tidak benar, tidak dimasak dengan baik, atau dimakan mentah.
  2. Memakan daging yang terkontaminasi yang tidak dimasak dengan benar, atau dimakan mentah.
  3. Kontak dengan pekerja pertanian yang terinfeksi atau pengolah daging, atau mungkin keluarga mereka, dokter dan orang lain yang berinteraksi dengan mereka.
  4. Meminum air yang telah terkontaminasi, baik itu air tanah atau permukaan yang terkontaminasi dan makan tanaman yang terkontaminasi.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*