Mohon untuk tidak mengupload file materi perkuliahan yang berbentuk pdf, ppt, doc, xls ke Blog Staff UMY -- Silahkan upload file-file tersebut ke E-Learning Ada Apa sih dengan YOGURT?? – Maria Ulfa Blog

Ada Apa sih dengan YOGURT??

Apa sih YOGURT itu?

Yogurt merupakan salah satu produk susu yang dibuat dari fermentasi susu. Bakteri yang digunakan untuk membuat yogurt disebut “yogurt cultures (kultur yogurt)” yang memfermentasi laktosa (gula alami yang ditemukan dalam susu). Proses ini menghasilkan asam laktat (lactic acid) yang menyebabkan protein susu mengental, sehingga yogurt memiliki tekstur dan rasa yang unik.

Beberapa jenis yogurt mengandung bakteri PROBIOTIK atau disebut “bakteri yang baik”, yaitu mikroorganisme yang jika dikonsumsi dalam jumlah yang sesuai akan memberikan manfaat kesehatan khususnya pencernaan. Kok BISA??

Jenis bakteri Probiotik yang sering ditemukan dalam yogurt adalah Bifidobacteria dan Lactobacillus. Telah banyak penelitian yang mengungkapkan bakteri tersebut dapat meningkatkan kesehatan pencernaan karena dipercaya meningkatkan keseimbangan diversity dari mikroba usus, sehingga dapat mengurangi gejala gangguan pencernaan umum seperti kembung, diare dan sembelit.

Tidak hanya itu, Probiotik juga terbukti meningkatkan kekebalan tubuh (imunitas) karena yogurt mengandung magnesium, selenium dan zinc yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Probiotik telah terbukti mengurang peradangan yang terkait dengan beberapa penyakit mulai dari infeksi virus hingga gangguan usus. Maka banyak yang merekomendasikan konsumsi yogurt untuk membantu proses penyembuhan, maupun membantu mengurangi insidensi, durasi hingga keparahan penyakit flu.

YOGURT bisa Menjaga Berat Badan??

Ups! Kalo membicarakan berat badan ini agak sensitive, terutama bagi wanita. Manfaat yogurt lainnya yang masih sedikit diketahui banyak orang adalah Yogurt kaya akan Protein. Sehingga dengan mengkonsumsi yogurt dapat menunda rasa lapar lebih lama dibandingkan dengan cemilan lain. Dalam sebuah penelitian, subjek yang mengkonsumsi yogurt kurang lapar dan mengkonsumsi 100 kalori lebih sedikit daripada mereka yang mengkonsumsi cemilan rendah protein dengan jumlah kalori yang sama. Apalagi “greek yogurt” karena konsistensinya lebih kental dan kangdungan proteinnya lebih tinggi daripada yogurt biasa.

Melihat banyaknya manfaat dan minimnya efek samping yang ditimbulkan, Yogurt merupakan salah satu yang harus dimasukkan dalam daftar menu harian terutama bagi mereka yang sedang diet.

Ohya, berikut saya lampirkan jurnal tentang manfaat konsumsi Yogurt ya.

Semoga bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*