Mohon untuk tidak mengupload file materi perkuliahan yang berbentuk pdf, ppt, doc, xls ke Blog Staff UMY -- Silahkan upload file-file tersebut ke E-Learning NUTRISI DALAM ISLAM – Maria Ulfa Blog

NUTRISI DALAM ISLAM

ISLAM adalah kode kehidupan. Prinsip Islam bersumber dari Quran dan Sunnah Nabi Muhammad SAW. Kedua sumber ini adalah panduan untuk kehidupan secara spiritual dan moral dengan mempertimbangkan kebutuhan dan keinginan bawaan manusia.

Pendekatan holistik Islam terhadap kesehatan mencakup merawat tubuh kita dengan hormat dan bergizi, tidak hanya dengan iman, tetapi juga halal, thoyyib (baik), dan bergizi. Selain halal dan baik, makanan sehat adalah yang jumlah atau ukuran yang cukup dan tidak berlebihan, dan dapat memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi seimbang di dalam tubuh kita.

Hidup sesuai dengan instruksi Sang Pencipta menerapkan diet yang sesuai. Memilih makanan sehat dan menghindari yang tidak sehat sangat penting untuk kesehatan yang baik.

“Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezeki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar kepada-Nya kamu menyembah.” (QS. Al Baqarah: 172)

“Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu.”           (QS. Al Baqarah: 168)

Di dalam Al Quran berisi banyak nasihat dan petunjuk tentang makanan sehat yang berhubungan dengan keterkaitan kesehatan fisik dan spiritual. Dorongan untuk makan hanya enak dan makanan murni sering dikombinasikan dengan peringatan untuk mengingat Allah dan menghindari setan. Sehat makan tidak hanya memuaskan kelaparan tetapi juga berpengaruh pada seberapa baik kita beribadah.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*