Mohon untuk tidak mengupload file materi perkuliahan yang berbentuk pdf, ppt, doc, xls ke Blog Staff UMY -- Silahkan upload file-file tersebut ke E-Learning SHIRATAKI dan MANFAATNYA – Maria Ulfa Blog

SHIRATAKI dan MANFAATNYA

SHIRATAKI, jika mendengar dan membaca tulisannya terdengar seperti makanan Jepang. Beberapa diantara kalian mungkin sudah mengenal shirataki sebagai makanan “diet” dari Jepang ini. Shirataki ini terbuat dari jenis ubi tertentu yang disebut tanaman konjak (Konjac). Di Jepang, tanaman Konjak ini dikenal dengan sebutan “Konnyaku” yang tumbuh di negara-negara subtropis Asia, seperti Jepang, Cina dan bahkan Indonesia.

Ini adalah jenis makanan Jepang yang berbentuk seperti mie, memiliki nol kalori yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Orang Jepang telah mengkonsumsi mie shirataki ini sejak bertahun-tahun yang lalu, dan makanan sejenis ini banyak dijumpai di Jepang. Banyak orang yang tidak menyukai aroma dari mie shirataki ini, tapi kita dapat menghilangkan bau ini dengan merendam dan membilas mi dengan air dingin. Kita juga dapat merebus mie ini dalam air denga ½ sendok makan garam selama beberapa menit.

Mie Shirataki ini tidak hanya dikonsumsi oleh orang Asia, tetapi juga dikonsumsi di Eropa dan di Amerika sebagai pengganti pasta konvensional.

Adapun manfaat dari mie shirataki ini adalah:

  1. Mie jenis ini merupakan salah satu makanan yang kaya akan nutrisi
  2. Dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh
  3. Baik untuk sistem pencernaan karena kandungan seratnya yang tinggi
  4. Mennurunkan kadar gula darah dalam tubuh
  5. Meningkatkan fungsi usus
  6. Memperkuat tulang karena kandungan kalsiumnya.

Bagi kalian yang baru mengenal mie jenis ini, orang Jepang biasanya memasak mie ini dengan memasukkan bawang putih, jahe, kecap asin, bubuk kari atau minyak wijen. Atau dapat disajikan sesuai dengan selera anda. Anda bisa menambahkan daging sapi atau ayam tanpa lemak, dan menambahkan berbagai sayur-sayuran.

Saat ini, permintaan untuk mie shirataki ini meningkat. Karena tren hidup sehat, dan makanan sehat semakin banyak diminati, terutama bagi orang yang memiliki masalah dengan berat badan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*